Wednesday , 22 November 2017
Home / Bisnis / Berkebun Tanaman Buah Gedong Gincu di Luar Musim

Berkebun Tanaman Buah Gedong Gincu di Luar Musim

Berkebun Tanaman Buah Gedong Gincu Di Luar Musim – Mangga (Mangifera indica L) merupakan komoditas yang sangat populer dimata masyarakat Indonesia. Disamping itu mangga Indonesia memiliki peluang untuk mengisi pasar internasional, karena mangga Indonesia mempunyai kekhasan tersendiri, khususnya mangga Harumanis dan mangga Gedong Gincu.

Berkebun Tanaman Buah Gedong Gincu Di Luar Musim

Mangga Varietas Gedong Gincu merupakan varietas Mangga yang cukup menjanjikan untuk pasar modern maupun pasar internasional. Sebab, warna kulit buahnya yang berwarna kuning jingga dan kemerahan dan rasanya manis keasaman dengan aroma yang harum.

Mangga gedong gincu adalah tanaman buah yang mulai dikembangkan dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia umumnya dan masyarakat Cirebon khususnya. Selain rasanya yang manis, buah gedong gincu memiliki daya tarik tersendiri dari segi bentuk dan warnanya. Bentuknya yang seperti apel dan warna semu merah di bagian ujung buah membuat masyarakat tertarik untuk membeli atau sekedar untuk mencicipi rasa buah mangga varitas ini.

Pertama kali pohon buah manga gedong gincu ditanam di daerah Indramayu. Sehingga untuk sejarahnya buah ini berasal dari Indramayu. Hingga saat ini masih terdapat petani yang menanam buah mangga gedong gincu ini di antara pohon‐pohon mangga Harumanis di kebunnya. Di musim panen atau sering disebut sebagai panen raya, seorang petani buah mangga gedong gincu bisa mendapatkan sekitar 100 – 500 kg buah mangga gedong gincu per pohonnya yang telah mencapai umur 10 – 15 tahun. Dalam satu hektar bisa ditanam sebanyak 100 mangga gedong gincu untuk hasil yang maksimal dengan kondisi jarak antar pohon tidak terlalu dekat sehingga sirkulasi udara dan penyinaran matahari tidak terhalang oleh pohon‐pohon mangga gedong gincu yang lainnya.

Kehadiran mangga gedong gincu di Cirebon sebenarnya sudah dirasakan puluhan tahun lamanya. Walaupun sebenarnya buah mangga jenis ini pada awalnya tumbuh di daerah Indramayu, tapi pengembangan dan pembudidayaannya banyak dilakukan di daerah Cirebon umumnya dan khususnya daerah Sedong Kabupaten Cirebon. Selain karena memang seimbangnya antara suhu dan kelembaban daerah Cirebon, buah gedong gincu ternyata bisa mengangkat sebagian perekonomian para petani Kabupaten Cirebon.

Hal ini dapat dibuktikan oleh beberapa petani pada tahun 2009 berhasil mengekspor hasil panen buah jenis ini dan juga keberhasilan seorang petani yang mendapatkan penghargaan dari Bapak Susilo Bambang Yudoyono sebagai petani terbaik dan berhasil membudidayakan buah mangga gedong gincu.

Penanaman Mangga Gedong Gincu

Ada dua cara untuk mendapatkan bibit pohon buah mangga gedong gincu. Pertama adalah dengan membeli di rumah bibit (pembibitan) yang tinggi pohon dan harganya bervariatif. Harga 1 bibit pohon mangga gedong gincu berkisar antara Rp 15 ribu sampai dengan Rp 100 ribu per pohonnya dengan tinggi bibit mulai 60 cm – 150 cm. Kedua bibit bisa dibuat sendiri dengan teknik okulasi pada pohon mangga gedong gincu itu sendiri atau pada pohon buah mangga kopek sebagai dasarnya sehingga menghasilkan pohon dengan batang yang kuat.

Tata cara penanaman buah mangga gedong gincu dapat dilihat pada aturan sebagai berikut (diambil dari data pada percontohan di Desa Sedong, Kabupaten Cirebon) :

  • Bibit Mangga : Hasil Perbanyakan secara Okulasi
  • Batang bawah : Kopek
  • Mata temple : Gedong Gincu
  • Jarak Tanam : 10 m x 10 m
  • Lubang Tanam : 60 cm x 60 cm x 60 cm
  • Waktu Tanam : Awal musim hujan

Syarat Kebun Mangga Gedong Gincu

  1. Tersedianya air untuk keperluan penyiraman pada saat musim kemarau (karena perlakuan pemupukan dipajukan pada saat musim kemarau).
  2. Tanaman Mangga dalam kondisi produktif atau menghasilkan (di atas 10 Tahun)

Demikian info bisnis tentang Berkebun Tanaman Buah Gedong Gincu Di Luar Musim semoga bermanfaat.

Sumber: Medi Humaedi

Incoming search terms:

  • tata cara tanam mangga gedong gincu

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *