Saturday , 18 November 2017
Home / Bisnis / Cara Agar Bisnis Lepas Landas

Cara Agar Bisnis Lepas Landas

Cara agar bisnis lepas landas – Benang merah untuk lepas landas dalam berbisnis adalah think without the box, alias tendang, buang, hancurkan kotaknya. Think out of the box masih mencari pembanding dengan kompetitor atau produk yang sudah pernah ada. Kalau think without the box, berpikir liar tanpa pembanding ‘box’ di sampingnya. Jika untuk sekadar bertahan hidup, Anda bisa berjualan seperti apa yang dijual orang lain. Tapi untuk membuat suatu lompatan finansial, dibutuhkan ide yang nyleneh atau tidak lumrah bagi kebanyakan masyarakat umum.

Cara Agar Bisnis Lepas Landas

Sebuah produk gagal akan menjadi produk sukses jika dikemas dengan benar atau positioning baru. Ada rumus yang sering dipakai para pebisnis sukses yaitu

  1. Rename yaitu mengganti nama lama yang usang menjadi nama baru yang terasosiasi di pikiran pelanggan atau konsumen. Terbukti banyak produk lama yang diberi label baru, bisa melejit tidak terduga. Terasosiasi artinya, saat nama itu disebut, calon konsumen mendapatkan bayangan terhadap produknya terutama diferensiasinya.
  2. Repackage yaitu mengemas ulang, yang bisa berarti kotak pembungkusnya, juga bisa berarti atmosfer atau cara penjualannya. Misalnya, lebih ngejreng, efek 3D, kostum si penjual.
  3. Repositioning, yaitu membentuk image atau persepsi baru yang akan ditanamkan dibenak konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Alangkah bagusnya jika merek produk Anda bisa langsung terasosiasi oleh diferensiasinya. Sehingga sekali baca, positioningnya sudah tahu kemana. Positioning juga dapat diperkuat dengan slogan.

Pentingnya Merek bagi Bisnis

Jangan katakana “Apalah arti sebuah nama?”. Selain perilaku (konten), tentu saja yang membuat orang mengingat nama seseorang atau produk adalah karena keunikan nama seseorang atau produk tersebut. Berikut ini lima aturan dalam membuat nama yang akan ngetop yaitu :

  1. Sesuai dengan Target Pasarnya. Siapa mereka dan apa yang mereka sukai? Misalnya target pasar wanita muda, feminism, mid class, kira-kira lebih cocok merek Salon Joko, Lisa atau Angelina?
  2. Terasosiasi oleh Diferensiasi. Bagaimana orang yang mendengar atau melihat merek Anda, langsung ‘ngeh’ apa spesialnya dibandingkan merek yang lain. Misalnya Oseng Mercon, terasosiasi oleh pedasnya.
  3. Hindari Singkatan Konsonan. Singkatan konsonan selain sukar diingat, juga sukar terasosiasi oleh produknya. Kecuali jika merek tersebut sudah terkenal dan tidak ada yang mirip dengan yang lain
  4. Hindari Angka. Angka juga sukar diingat dan tidak terasosiasi oleh produknya. Kecuali belum ada pesaing yang sejajar.
  5. Nyleneh. Buatlah merek yang belum ada dan nyleneh tetapi tetap dalam konotasi positif.
  6. Mudah Diucapkan dan Diingat. Merek yang unik membuat pelanggan atau konsumen penasaran untuk membeli, tetapi konten yang ngangeni yang membuat orang kembali lagi.

Demikian info bisnis tentang cara agar bisnis lepas landas semoga bermanfaat.

Sumber: Kitab AntiBangkrut, Jaya Setiabudi

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *