Home / Bisnis / Cara Untuk Mendirikan Perseroan Terbatas
Cara Untuk Mendirikan Perseroan Terbatas

Cara Untuk Mendirikan Perseroan Terbatas

Cara untuk Mendirikan Perseroan Terbatas – Untuk mendirikan sebuah Perseroan Terbatas (PT) Tahap pertama yang harus dilakukan adalah Memohon Akta Pendirian Perusahaan di Kantor Notaris. Langkah-langkah permohonan tersebut sebagai berikut :

  1. Pemohon menghadap notaris dengan menyebutkan dan menunjukkan: nama dan alamat penghadap, nama, alamat, maksud, dan tujuan perusahaan, modal yang akan digunakan, surat-surat, buku-buku, dafar pemilikan saham, pengurus PT, kekuasaan direksi, kewajiban komisaris, tahun buku, rapat umum pemegang saham, tempat dan panggilan rapat, hak suara, keuntungan, dan likuidasi perusahaan.
  2. Akta pendirian perusahaan diisi, dibacakan dengan disaksikan oleh 2 orang saksi dari kantor notaris, lalu diserahkan kepada pemohon.

Cara Untuk Mendirikan Perseroan Terbatas

Setelah tahap di atas telah dilakukan maka tahap selanjutnya yaitu Mengajukan Permohonan Izin Tempat Usaha di Dinas Perekonomian dan Perindustrian Kabupaten atau Kota. Untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir dilampiri: akta pendirian, denah atau gambar letak tempat usaha, dan pendapat keberatan atau tidaknya atas usaha yang akan didirikan dari pemilik tanah atau rumah dan tetangga.
  2. Setiap keberatan diteliti dan diselesaikan dengan mempertimbangkan saran-saran dari instansi terkait yang sesuai dengan bidang usahanya.
  3. Izin baru (perubahan izin). Pengusaha wajib memohon izin tempat usaha baru bila: memperluas atau merubah sifat tempat usaha, menjalankan kembali tempat usaha yang telah 4 tahun berhenti, atau memperbaiki tempat usaha yang hancur.
  4. Sanksi bagi perusahaan yang berdiri tanpa SITU dapat ditutup atau disegel tempatnya atau mesin atau alat bantu dikeluarkan. Pelanggaran diancam hukuman kurungan atau denda.

Terakhir terakhir yaitu Mengajukan Permohonan Izin Usaha di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten atau Kota.

  1. Untuk perusahaan industri permohonan izin usaha usaha dilampiri: akta pendirian, tanda SITU atau HO, surat kelakuan baik dari RT, RW, dan Camat, daftar peralatan, dan foto pemohon. Petugas memeriksa luas bangunan, bahan bakuataupenolong, tenaga kerja, kapasitas produksi, para pendiri, dan modal kemudian dibuatkan berita acara hasil pemeriksaan. Setelah syarat-syarat terpenuhi pemohon mendapatkan Surat Izin Usaha Industri (SIUI) yang berlaku 5 tahun.
  2. Untuk perusahaan perdagangan permohonan usaha dilampiri: copy akta pendirian, SITU atau HO, KTP, foto pemohon, dan membayar jaminan dan biaya administrasi perusahaan di bank. Setelah syarat-syarat terpenuhi pemohon mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) yang berlaku 5 tahun.
  3. Jika usahanya menggunakan gudang, pemilik SIUP mengajukan mengajukan pendaftaran izin gudang dilampiri: copy SITU atau HO, SIUP, KTP, foto pemohon, dan denah gudang. Jika akan merubah gudang, perlu mengajukan permohonan izin perubahan gudang dilampiri denah gudang yang lama. Setelah syarat-syarat terpenuhi pemohon mendapatkan Tanda Pendaftaran Gudang yang berlaku 5 tahun.

Untuk pendirian PT pemohon mengajukan pengesahan kepada Menteri untuk kebenaran pendirian PT.

Demikian info bisnis tentang Cara untuk Mendirikan Perseroan Terbatas semoga bermanfaat.

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    jual botol jus

  1. Aneka Botol Serbaguna Lengkap, Temukan & Beli Sekarang Juga Disini

    cetak brosur murah jakarta

  1. Cetak brosur dengan cepat dan murah, terpercaya dan bisa membantu keperluan anda