Home / Bisnis / Faktor Diri Sendiri yang Menyebabkan Bisnis Bangkrut
Faktor Diri Sendiri yang Menyebabkan Bisnis Bangkrut

Faktor Diri Sendiri yang Menyebabkan Bisnis Bangkrut

Faktor diri sendiri yang menyebabkan bisnis bangkrut – Penggunaan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, sengaja atau tidak sengaja sering terjadi. Terutama yang tidak mematuhi aturan : Pisahkan Rekening Pribadi dengan Perusahaan. Alasannya bermacam-macam seperti keluarga opname, membiaya bisnis lain, sampai pembelanjaan konsumtif.

Faktor Diri Sendiri yang Menyebabkan Bisnis Bangkrut

Hal-hal yang sering membuat uang perusaahaan terpakai, yaitu :

  • Menikah dengan pasangan yang boros
  • Pola hidup glamor
  • Bermain judi dan hal-hal haram lainnya
  • Menyicil melebihi pemasukan terutama kartu kredit
  • Tidak tega saat keluarga atau kerabat membutuhkan uang
  • Penggunaan kartu kredit yang melebihi kapasitas

Janganlah Anda lari dari masalah. Akuilah kesalahan dan yang terpenting jangan mengulangi lagi. Situasi tidak akan berubah hanya dengan penyesalan, yang terpenting cari solusi dan cara mengantisipasi tidak terjadi hal tersebut. Bagi Anda yang punya karakter tidak tegaan sama orang lain, ada baiknya jangan pegang uang perusahaan. Jika Anda ingin membantu seseorang, gunakan uang pribadi bukan uang perusahaan.

Kartu kredit akan bermasalah jika penggunaannya tidak baik. Kebiasaan-kebiasaan menggunakan kartu kredit untuk berbelanja yang tidak semestinya akan membuat tagihan kartu kredit tersebut membengkak. Keinginan ingin dianggap sukses dengan benda-benda yang melekat di tubuh dan keserakahan mendongkrak bisnis di luar norma-norma hukum atau agama merupakan alasan membengkaknya tagihan kartu kredit.

Secara psikologis, pemegang kartu kredit juga berbeda dengan memegang uang secara fisik. Kalau Anda beli sepatu dengan uang 1 juta rupiah tunai, akan terasa berbeda dengan menggunakan kartu kredit meski nilainya sama. Akibat mudahnya berbelanja menggunakan kartu kredit mengakibatkan tidak terasa tagihan sudah banyak.

Cara antisipasi hal di atas

  1. Pisahkan rekening pribadi dengan perusaahaan.
  2. Jangan pinjamkan (apalagi berikan) uang orang lain atau perusahaan, apa pun alasannya.
  3. Belilah barang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Meskipun pendapatan Anda naik pesat.
  4. Rontokkan gengsi Anda, bangunlah kecantikan dalam diri, bukan ‘kemasan’ Anda.

Manusia adalah makhluk yang sempurna dengan perilaku yang tidak sempurna, karena adanya nafsu. Ada faktor yang bisa Anda perbaiki dengan belajar dan menyempurnakan ikhtiar yaitu faktor bumi dan manusia. Selain itu ada faktor yang dapat membuat langkah-langkah Anda tidak mendapat kemudahan atau bahkan selalu mendapat halangan yaitu faktor langit. Berikut ini penjelasan dari faktor-faktor tersebut.

Faktor Bumi adalah ketetapan hukum alam (sunatullah) yang telah Allah rancang sedemikian rupa. Mereka bekerja saling terkait dan memiliki banyak sekali ‘variabel’ yang tidak habis untuk dipelajari. Jika Anda melempar batu ke atas, maka akan jatuh ke bawah. Itulah mekanisme alam semesta yang sangat sempurna dan saling keterkaitan.

Faktor Manusia adalah ikhtiar Anda dalam mempelajari sunatullah untuk menyempurnakan langkah-langkah. Seperti, Anda mempelajari ilmu ekonomi, ilmu pemasaran, ilmu keuangan, ilmu manajemen dan lain sebagainya. Tetapi hal tersebut yang Anda lakukan tidak akan dapat mengejar ‘variabel’ yang tidak terhingga dan terus bertambah. Maka dari itu, manusia serba terbatas ilmunya.

Faktor Langit adalah hak Allah untuk memberikan kemudahan atau hambatan meskupun tidak sesuai dengan kewajaran hukum alam. Itulah sebabnya perhitungan Anda belum tentu atau bahkan sering tidak sesuai dengan kenyataan.

Apa pun ketentuan Allah baik itu kemudahan maupun hambatan yang Anda hadapi itulah hak Allah. Oleh karena itu, apapun yang Allah berikan kepada Anda, Anda harus bersikap seperti berikut :

1. Akuilah keterbatasan ilmu yang Anda punya
Karena gagal itu wajar bagi seorang manusia. Begitu banyaknya variabel bisnis dan kehidupan, bagaimana Anda bisa memastikan keakuratannya. Saat Anda terjatuh karena lantai yang licin maka pel dulu lantai tersebut agar tidak terulang lagi di kemudian hari.

2. Tobatlah
Karena manusia memang tidak akan luput dari dosa. Tidak akan orang semakin hina dengan bertobat, justru akan semakin mulia dengan memperbaiki diri. Mungkin karena cinta Allah kepada Anda, maka Anda diberikan hambatan-hambatan tersebut, agar Anda selalu memperbaiki amal dan ibadah. Mungkun juga saatnya pembersihan hati, yang tidak kalah hebatnya dalam pengabulan doa.

3. Bersabarlah
Bersabar bukan berarti berdiam diri. Sabar adalah komitmen untuk terus menyempurnakan ikhtiar. Lakukanlah langkah berikut “Strategi – Aksi – Evaluasi – Re-strategi” terus menerus. Jangan berharap rezeki datang, tetapi persiapkan diri untuk menyambut rezeki.

4. Do’a
Do’a selain wujud penghambaan Anda, tetapi juga dilakukan untuk meminta kemudahan jalan. Sering Anda dan kita semua mendikte Allah untuk memenuhi keinginan kita. Padahal yang lebih tahu apa yang kita semua butuhkan adalah pencipta kita sendiri yaitu Tuhan.

Demikian info bisnis tentang faktor diri sendiri yang menyebabkan bisnis bangkrut semoga bermanfaat.

Sumber: Kitab AntiBangkrut, Jaya Setiabudi

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *