Home / Bisnis / Fokus Bisnis Menjadi Hal yang Wajib Bagi Entrepreneur
Fokus Bisnis Menjadi Hal yang Wajib Bagi Entrepreneur

Fokus Bisnis Menjadi Hal yang Wajib Bagi Entrepreneur

Fokus bisnis menjadi hal yang wajib bagi entrepreneur – Setelah urusan hutang beres tetapi dalam hal ini hutang belum lunas, yang terpenting adalah balik FOKUS KE BISNIS ANDA! Karena hutang tidak akan terbayar, jika tidak ada mesin uangnya!!! Pastikan kondisi emosional Anda sudah stabil. Jika memungkinkan, pekerjaan satu orang karyawan khusus untuk mengurusi hutang-piutang Anda.

Fokus Bisnis Menjadi Hal yang Wajib Bagi Entrepreneur

Setelah Anda fokus lagi ke bisnis dan ingin membangun bisnis lagi (bisa bisnis yang sekarang bisa juga membuat bisnis baru). Maka pasti Anda memerlukan modal, berikut ini beberapa alternatif permodalan yang mungkin bisa membantu Anda :

1. Bagi Hasil (Profit Sharing)
Modal ini bersifat sementara dan bukan kepemilikan. Sistem bagi hasil bisa per bulan (untuk bisnis retail) atau per proyek.

2. Jual Saham Temporari
Menjual saham kepada investor dengan opsi dapat dibeli kembali dalam jangka waktu yang disepakati. Saham boleh dibeli kembali dengan nilai saham saat itu. Besarnya pembagian deviden sesuai dengan kesepakatan. Kelebihan sistem ini, Anda sebagai pendiri bisa mendapatkan saham Anda kembali setelah kurun waktu yang disepakati. Biasanya, untuk jumlah investasi yang besar, investor akan menaruh orang keuangan kepercayaannya kepada perusahaan Anda atau mengaudit perusahaan Anda secara berkala.

3. Jual Saham Permanen
Ketika mengambil opsi ini, Anda harus benar-benar mempertimbangkan ‘siapa’ pembelinya, karena pembeli tersebut punya hak suara untuk mengatur bisnis Anda. Kalaupun harus menjual saham, batasi kepemilikan maksimal 30 persen untuk setiap orang. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari suara mayoritas. Dan, yang terpenting otorisasi harus jelas.

4. Jual Saham Cabang
Dari cabang yang menguntungkan, bisa 100 persen (take over) atau sebagian saja. Pewaralaba ternama menggunakan opsi ini untuk menjaga nama baik perusahaannya dan menghindarkan kerugian dari pihak pengambil waralaba. Jika investor atau pengambil waralaba langsung mendapatkan untung saat membeli cabang tersebut, mereka akan repeat order dan bahkan menyebarkan pengalaman tersebut ke calon investor lainnya. Keuntungan pihak pewaralaba adalah mendapatkan selisih dari nilai investasi awal dengan harga jual saat ini, yang disebut ‘good will’. Contohnya, investasi awal 200 juta, setelah dua tahun, laba 20 juta / bulan (ROI 10 persen per bulan). Perusaahaan Anda bisa dijual dengan nilai 400 juta (ROI 5 persen per bulan), meski nilai asetnya tetap 200 juta (bahkan terdepresiasi). Selisih 200 juta disebut sebagai good will, bisa dipakai untuk membuka cabang kedua. Cara ini juga lebih elegan untuk memulai bisnis franchise.

5. Tukar Guling
Misalnya sewa tempat gratis dengan barter training untuk karyawan mal atau jasa atau barang lainnya. Bisa juga Anda membayar renovasi atau pembelian barang dengan menukar jasa Anda dalam kurun waktu tertentu. Bisa juga dikonversi dengan bagi hasil atau saham.

6. Pinjaman Lunak BUMN
Perusahaan BUMN memiliki kewajiban untuk menyalurkan sebagian keuntungan tiap tahunnya pada Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Persyaratan dan prosedur pinjaman lunak tersebut cukup mudah, bahkan banyak yang tanpa menggunakan agunan. Bunganya pun bisa setengah dari bunga bank. Selain memberikan pinjaman, biasanya perusahaan BUMN juga melakukan pembinaan-pembinaan secara cuma-cuma.

7. Ventura
Sistem permodalan ventura sedang marak bagi pemodal asing di Indonesia, baik sifatnya permanen maupun sementara. Di samping memberikan permodalan, mereka juga memberikan pendampingan. Biasanya mereka memiliki pengalaman di bisnis serupa sebelumnya.

Demikian info bisnis tentang fokus bisnis menjadi hal yang wajib bagi entrepreneur semoga bermanfaat.

Sumber: Kitab AntiBangkrut, Jaya Setiabudi

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

    www.mytootsiebear.com/index.php

  1. Penitipan Anak / Play Group Muslim di Duren Sawit asuhan Ust. Bachtiar

    harga guardrail

  1. harga guardrail