Saturday , 18 November 2017
Home / Bisnis / Jenis Bisnis Berdasarkan Cash Flow

Jenis Bisnis Berdasarkan Cash Flow

Jenis bisnis berdasarkan cash flow – Setelah Anda mengetahui seberapa penting kas bagi bisnis Anda. Selanjutnya akan dijelaskan macam-macam bisnis yang didasarkan pada arus kas (cash flow). Di artikel ini akan dijelaskan 5 macam bisnis berdasar cash flow. Berikut penjelasannya :

jenis bisnis berdasarkan cash flow

  1. CF Harian, segala bisnis yang dibayar tunai seperti retail, mini market, rumah makan, jual sayur, sewa lapangan futsal dll.
  2. CF Bulanan, segala bisnis yang dibayar per bulan atau tempo 30 hari seperti rumah kosan, pemasok tetap, sekolah, kursus, kreditan, fitness dll.
  3. CF Semesteran, segala bisnis yang dibayar berkala 3 atau 6 bulan seperti tempat bimbingan belajar, kursus dll
  4. CF Tahunan, segala bisnis yang dibayar per tahun seperti deviden, kontrakan, properti, sekolah, TK, playgroup dll
  5. CF Proyekan, segala bisnis yang tidak pasti dapat ordernya, dibayar setelah selesai seperti tender-tender konstruksi, perumahan, pengadaan, EO

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Tergantung titik awal dan kemampuan permodalan Anda. Jika modal Anda tipis, jaringan belum kuat, bermainlah di CF harian atau bulanan. Margin kecil tetapi yang penting perputaran cepat.

Tetapi ada pertanyaan, menurut Anda bagusan mana bisnis yang marginnya 3 persen atau 30 persen? Jawabannya adalah tergantung dari cashflow (CF)-nya. Misalnya, modal Anda hanya 30 juta rupiah. Kemudian dihadapkan pada pilihan sebagai berikut :

  1. Mendapat tender pengecatan (CF Proyeksi), selesai 7 hari, bayar mundur 30 hari dengan margin 30 persen
  2. Kulakan sayur / buah di pasar dini hari, jual pagi hari, Cash and Carry (CF harian) dengan margin 3 persen

Dari pilihan di atas akan didapatkan CF masing-masing yaitu

  1. CF Proyek : 30 juta x 30% = 9 juta / 37 hari
  2. CF Harian : 30 juta x 3% x 30 hari = 27 juta / 30 hari

Dari hasil di atas maka bagusan yang 3 persen (kulakan saayur / buah) selain jumlahnya besar perputarannya juga cepat. Margin bukan segalanya, cash (kas) lebih utama, karena kas adalah darah bisnis Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Masing-Masing Cash Flow

CF Harian
Kelebihan : Perputaran kas yang cepat, dengan modal yang tipis pun, omset bisa berlipat. Bahkan bisa jadi 2-3 kali perputaran setiap harinya.
Kekurangan : Cukup beresiko jika ada kerusakan karena marginnya kecil. Selain itu tingkat loyalitas pelanggan yang rendah karena rawan perang harga.

CF Bulanan
Kelebihan : Relatif stabil karena seperti sudah dapat ikatan ‘abonemen’ dan juga tingkat loyalitas dan repeat ordernya lebih terjaga.
Kekurangan : Pembayarannya sering kali mundur

CF Semesteran
Kelebihan : Jika mereka sudah menjadi pelanggan, jarang untuk berpindah-pindah tempat
Kekurangan : Biasanya membutuhkan waktu untuk mengedukasi pasar, apalagi jika merknya belum terkenal.

CF Tahunan
CF ini tidak bisa dijadikan untuk sandaran hidup sehari-hari, kecuali jika Anda mempunyai lebih dari 1 usaha atau tempat atau produk.

CF Proyekan
CF sering kali menggoda secara margin, tetapi harus dihitung ulang return rata-rata per bulannya. Selain itu CF ini juga tidak dapat diprediksikan kapan dapatnya.

Anda dapat mengkombinasikan beberapa atau semua CF di atas untuk mendapatkan kestabilan. Yang terpenting, jangan sampai kas Anda kosong. Bahkan dalam kondisi rugi sekalipun, asalkan Anda masih bisa mengolah kas dengan cantik (bayar hutang dagang mundur), Anda masih bisa bertahan hidup. Sebaliknya, meski untung besar jika kas Anda kosong dan pembayaran tersendat maka kondisi untung tersebut hanya sebatas di kertas saja.

Demikian info bisnis tentang jenis bisnis berdasarkan cash flow semoga bermanfaat.

Sumber: Kitab AntiBangkrut, Jaya Setiabudi

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *