Home / Bisnis / Komunikasikan Visi Perusahaan Melalui Empat Pilar Bisnis
Komunikasikan Visi Perusahaan Melalui Empat Pilar Bisnis

Komunikasikan Visi Perusahaan Melalui Empat Pilar Bisnis

Komunikasikan visi perusahaan melalui empat pilar bisnis – Agar bisnis bisa tumbuh, Anda dan semua anggota organisasi atau perusahaan harus benar-benar punya visi atau keinginan yang kuat atau impian untuk tumbuh. Visi itu harus menjadi suatu cita-cita bersama, di bawah kepemimpinan yang kuat. Tanpa kesatuan visi dan kepemimpinan yang kuat, setiap orang dalam organisasi atau perusahaan Anda akan memiliki agenda sendiri yang saling bersaing menyedot energi organisasi.

Komunikasikan Visi Perusahaan Melalui Empat Pilar Bisnis

Untuk itu, visi perlu dikomunikasikan, ditafsirkan, dan diterjemahkan ke dalam seperangkat rencana tindakan yang terorganisir untuk diwujudkan. Visi organisasi dapat dikomunikasikan, ditafsirkan dan diterjemahkan melalui empat pilar bisnis. Untuk penjelasan empat pilar bisnis akan dijelaskan di bawah ini :

Pilar 1 : Pemasaran
Peluang keberhasilan bisnis sangat tergantung pada seberapa baik Anda memahami perubahan situasi pasar dan dampaknya terhadap produk dan jasa Anda serta manfaat yang mereka berikan kepada pelanggan. Kemampuan Anda untuk memprediksi perubahan posisi Anda di pasar sesuai pertumbuhan bisnis dan menyesuaikan strategi dan taktik sesuai perubahan itu juga menentukan. Selain itu, Anda juga perlu membangun inovasi dalam organisasi untuk mengenali dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pasar.

Pilar 2 : Produksi
Apa yang sesungguhnya kita jual ? keunikan atau keunggulan apa yang kita miliki sehingga membedakan produk kita dengan produk serupa? Konsolidasi pilar produk selesai ketika kita sebagai pengusaha sudah dalam keyakinan yang mantap akan produk kita. Sudah sangat yakin inilah produk andalan usaha kita. Untuk mengukurnya, cobalah lakukan interview kepada karyawan, boleh dilakukan sendiri atau meminta orang lain untuk membantu, untuk menanyakan sejauh pemahaman mereka apa sesungguhnya yang sedang mereka produksi. Jika jawaban mereka tidak jauh berbeda dengan apa yang kita yakini, berarti konsolidasi produk sudah selesai.

Pilar 3: Sumber Daya Manusia (SDM)
Berbicara pilar sumber daya manusia atau orang sebenarnya adalah berbicara tentang kompentensi dan kapasitas. Dibutuhkan kompetensi orang yang seperti apa saja untuk bisa menghasilkan produk terbaik yang dibutuhkan dan dibeli oleh target pasar sehingga menghasilkan pendapatan uang dan laba usaha.

Pilar 4: Keuangan
Agar pertumbuhan bisnis berkelanjutan, Anda perlu arus kas. Untuk memulai dan mempertahankan pertumbuhan, Anda perlu tahu berapa banyak kas yang Anda butuhkan dan kapan. Memahami bagaimana bisnis Anda menggunakan dan menghasilkan kas dan hubungan antara kebutuhan modal Anda dengan skala bisnis Anda sangat penting. Banyak bisnis yang gagal bukan karena mereka tidak menghasilkan laba, tapi karena kehabisan kas di tengah jalan.

Keempat pilar inilah yang harus kita fokuskan untuk dibangun pada saat kita sedang merintis bisnis. Keempat pilar itu harus dibangun dengan kokoh, sekokoh keyakinan Anda di atas sebuah pondasi bisnis yang juga mesti kuat dan kokoh pula.

Demikian info bisnis tentang komunikasikan visi perusahaan melalui empat pilar bisnis semoga bermanfat.

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *