Home / Bisnis / Lokasi Strategis Merupakan Awal Keberlangsungan Bisnis
lokasi strategis merupakan awal keberlangsungan bisnis

Lokasi Strategis Merupakan Awal Keberlangsungan Bisnis

Lokasi strategis merupakan awal keberlangsungan bisnis – Tidak dipungkiri, lokasi adalah penentu kelarisan atau keberlangsungan usaha Anda. Memang ada yang membuka bisnis atau usaha yang lokasinya berada di tempat yang tidak strategis. Tetapi hal tersebut perlu waktu bertahun-tahun untuk menciptakan bisnis / usaha yang ramai dan bisa bertahan lama. Idealnya adalah bagaimana usaha Anda langsung ramai sejak buka ! Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan lokasi usaha ?

lokasi strategis merupakan awal keberlangsungan bisnis

Untuk pemilihan lokasi tempat usaha yang tepat sebaiknya Anda menggunakan Hukum Semut yaitu sebagai berikut : Jenis Semut, Sarang Semut, Pengundang Semut, Jalur Semut, dan Terlihat Semut. Berikut ini penjelasan dari masing-masing item tersebut.

1. Jenis Semut
Jenis semut adalah target pasar yang Anda bidik (calon pelanggan / konsumen). Jenis semut lebih dikaitkan dengan tipe tempat tinggalnya (sarang semut), agar lebih mudah bagi Anda untuk menentukan lokasi yang tepat. Misalnya, jenis semut tipe 36, 45, 120, 500, apartemen, kosan, kantoran, pekerja pabrik, anak sekolahan.

2. Sarang Semut
Sarang semut adalah tempat di mana semut menghabiskan sebagian besar waktunya, baik tempat tinggal maupun beraktivitas. Misalnya perumahan (sesuai jenis semut yang dibidik), pabrik, kantor, sekolahan, dll.

3. Pengundang Semut
Pengundang semut adalah tempat-tempat yang menarik semut untuk datang. Lalu apa bedanya pengundang semut dengan sarang semut ? Beda dari kedua hal tersebut yaitu jika sarang semut itu lebih permanen, artinya jika dipindah pun, si semut cenderung akan ikut pindah. Berbeda halnya dengan pengundang semut, jika ada pengundang semut lain yang lebih dekat atau lebih manis, maka semut pelanggan tidak segan untuk berpaling ke lain hati (tempat lain). Pengundang semut seperti mall, pasar, hypermarket, kursus, gym.

4. Jalur Semut
Jalur semut yaitu jalur di mana semut sering lewat. Jalur semut yang terbaik adalah antara sarang semut dengan pengundang semut. Untuk sebagian besar bisnis, arah pulang dari tempat kerja semut menuju sarang semut menjadi jalur semut teramai dan terkonsumtif. Jangan katakan tempat Anda strategis karena dekat dengan sarang semut. Jika ternyata tempat Anda berada di jalan buntu, sama saja tidak dilewati semut. Jalur semut terbaik biasanya jalan-jalan utama pusat perbelanjaan, jalan dua arah, jalur pulang, serta tempat yang dekat dengan pengundang-pengundang semut.

5. Terlihat Semut
Pastikan toko atau tempat usaha / bisnis Anda terlihat secara langsung saat semut lewat di jalur semut. Perhatikan jarak dan sudut pandang semut. Semakin mudah terlihat, tanpa harus mencari-cari, semakin gampang dikenal semut. Hindari sudut pandang yang tidak terlihat semut, seperti hook yang menjorok ke dalam, posisi setelah tikungan atau terlalu atas.

Bagaimana jika sudah terlanjur berada di lokasi yang salah ? Kalau seperti itu tinggal Anda timbang-timbang saja, apakah Anda akan mengeluarkan budget promosi yang lebih besar untuk mengundang semut atau pindah ke lokasi lain yang lebih strategis ?

Dulu banyak yang tidak berpikir tentang faktor p ketiga dari 4p yaitu PLACE. Karena banyak pengusaha yang mengira bahwa kesuksesan bisnis (terutama rumah makan) adalah hasil dari P kelima yaitu PESUGIHAN. Sampai akhirnya banyak yang telah membuktikan bahwa itu tidak benar contohnya Mc Donald, KFC, Starbuck ramai tanpa campur tangan dukun. Mereka ramai karena strategi retail (termasuk lokasi) dan pemasaran yang tepat.

Demikian info bisnis tentang lokasi strategis merupakan awal keberlangsungan bisnis semoga bermanfaat.

Sumber: Kitab AntiBangkrut, Jaya Setiabudi

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *