Home / Bisnis / Memulai Usaha Jasa Wedding Organizer
Memulai Usaha Jasa Wedding Organizer

Memulai Usaha Jasa Wedding Organizer

Memulai usaha jasa Wedding Organizer – Kesibukan dan waktu yang semakin terbatas membuat bisnis jasa event organizer bermunculan. Salah satu diantaranya adalah wedding organizer (WO). Seperti namanya, wedding organizer merupakan bisnis yang memberikan pelayanan jasa pengkoordinasian dan kebutuhan pesta pernikahan.

Memulai Usaha Jasa Wedding Organizer

Bagi sebagian orang, pesta pernikahan merupakan upacara sakral sekaligus pertaruhan prestige. Tidak jarang banyak yang mengalokasikan dana yang dimiliki untuk pesta pernikahan. Tidak ada budget pasti untuk mengadakan pesta pernikahan karena besar kecilnya anggaran tergantung keinginan penyelenggaraan pesta.

WO biasanya bekerjasama dengan bisnis lain yang berhubungan dengan isi pesta. Bisnis-bisnis yang tidak bisa dilepaskan dari jasa wedding organizer adalah rias pengantin, katering, dekorasi, foto, video, undangan dan hiburan. Sebelum menentukan harga jasa, pemilik WO biasanya melakukan negosiasi dengan bisnis-bisnis lain yang terkait sehingga mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga miring.

Seringkali penyelenggaraan pesta pernikahan menyerahkan acara sepenuhnya kepada WO karena beberapa alasan seperti kecepatan, profesional, budget dan lain sebagainya. Untuk menghadapi persaingan yang makin ketat di antara pelaku WO, Anda harus memiliki strategi marketing yang tepat.

Untuk menjaring konsumen dan mempertahankan bisnis di tengah persaingan yang ketat, Anda harus mengikuti kemauan konsumen dan bukan sebaliknya. Jika umumnya WO memiliki patokan harga tertentu yang ditawarkan kepada konsumen, Anda bisa memberikan kemudahan dengan menjalankan sesuai budget yang dimiliki konsumen.

Untuk mendukung dikenalnya bisnis wedding organizer yang dikelola, lakukan juga promosi secara online. Relasi dan konsumen bisa digaet menggunakan fasilitas jejaring sosial, blog dan website. Selain itu agar relasi dan calon konsumen tidak bosan dengan promosi yang di-share, pengusaha juga perlu melakukan pembaruan di antaranya menggunakan presentasi online.

Tips Sukses Usaha Wedding Organizer
Setiap pelaku bisnis tentu menginginkan kesuksesan dari bisnis yang dijalankan, tidak terkecuali bisnis WO. Namun berbeda dengan usaha restoran yang memiliki peluang mendapatkan konsumen setiap harinya, bisnis WO biasanya hanya ramai di bulan-bulan tertentu. Agar tidak gulung tikar, Anda perlu strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis ini seperti hal-hal berikut ini:

  • Anda perlu membuka usaha lain yang juga berhubungan dengan usaha ini. Hal ini perlu dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak. Usaha pendukung wedding organizer yang bisa dicoba adalah salon dan rias pengantin, toko bunga, usaha katering dan warung makan, penyewaan dan penataan dekorasi, penyewaan mobil serta toko suvenir.
  • Dokumentasikan pernikahan yang menggunakan jasa WO Anda untuk meyakinkan calon konsumen. Apabila jasa WO Anda masih baru dan belum pernah menangani pesta pernikahan, Anda bisa meminta dokumentasi dari bisnis rekanan Anda agar calon konsumen dapat melihat contoh dekorasi pelaminan, hasil rias mempelai, dan lain sebagainya.
  • Layani setiap konsumen dengan baik tanpa membedakan budget yang mereka sediakan untuk anggaran pesta pernikahan
  • Buat skala prioritas bagi calon konsumen agar mereka bisa mendapatkan jasa perayaan pesta yang paling baik sesuai budget yang mereka miliki
  • Jalin kemitraan dengan pihak pengelola gedung dan bisnis-bisnis yang berkaitan dengan terselenggaranya pesta pernikahan
  • Promosikan usaha WO Anda di surat kabar. Sebarkan brosur pada tempat-tempat strategis. Titipkan pula pada pihak pengelola gedung pernikahan dan rekan bisnis Anda
  • Selain promosi offline, Anda juga bisa memuat iklan dan banner secara online. Perluas pula relasi dan calon konsumen Anda melalui jejaring sosial, pembuat blog, dan website blog

Demikian info bisnis tentang memulai usaha jasa Wedding Organizer semoga bermanfaat.

Sumber : Promosi Dahsyat dengan Promosi Online, Alfa Hartoko

BANNER FREE MEMBER
loading...

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *