Wednesday , 22 November 2017
Home / Bisnis / Seorang Entrepreneur Wajib Memiliki Jiwa Kreatif

Seorang Entrepreneur Wajib Memiliki Jiwa Kreatif

Seorang entrepreneur wajib memiliki jiwa kreatif – Dunia entrepreneur merupakan dunia tersendiri yang unik. Itu sebabnya, mengapa entrepreneur atau wirausahawan dituntut selalu kreatif setiap waktu. Dengan kreativitasnya, tidak mustahil akan terbukti bahwa ia betul-betul memiliki citra kemandirian yang memukau banyak orang karena mengaguminya, dan selanjutnya akan mengikutinya.

Seorang Entrepreneur Wajib Memiliki Jiwa Kreatif

Memang, Anda akui bahwa menjadi entrepreneur kreatif di saat krisis ekonomi merupakan suatu tantangan yang sangat berat. Digambarkan, seseorang yang akan terjun menjadi entrepreneur kreatif, ia harus bekerja 24 jam sehari, dan 7 hari dalam seminggu. Hal semacam itu masih harus ia lakukan paling sedikit untuk kurun waktu kurang lebih 2 tahun pertama. Berjuang tanpa henti dengan berbagai tekanan fisik maupun psikis.

Apalagi dalam melakukan bisnis modern, tidak mungkin dapat hidup dan berkembang tanpa kemampuan menciptakan sesuatu yang baru pada setiap harinya. Walaupun itu hanya merupakan gabungan dari berbagai unsur yang telah ada ke dalam bentuk baru yang berbeda. Dari kreativitas akan muncul barang, jasa atau ide baru sebagai inovasi baru, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Dan dari kreativitas itu pula akan muncul cara-cara baru, mekanisme kerja atau operasi kerja, untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Pada dasarnya, Anda semua kreatif. Tentu saja, dengan kualitas dan kuantitas yang berbeda-beda. Menurut Raudsepp, seorang peneliti dari Princeton Research Inc, mengatakan bahwa kemampuan kreatif itu terdistribusi hampir secara universal kepada seluruh umat di muka bumi ini. Kreativitas bak sebuah sumber mata air, yang tentunya jangan sampai Anda biarkan sumber mata air itu mengering. Anda harus tetap belajar dan menggali terus kreativitas tersebut.

Oleh karena itu, jika Anda termasuk dalam golongan orang yang selalu ingin tahu, kemudian dapat melihat suatu peristiwa dan pengalaman untuk dijadikan sebuah peluang, dimana orang lain tidak melihatnya, kemudian memiliki keberanian berpikir kreatif dan inovatif, maka dirasa lebih baik bersiaplah Anda untuk menjadi entrepreneur.

Itu sebabnya, mengapa ada yang menyebut wirausahawan itu sama dengan “orang aneh”. Namun, Anda jangan berprasangka buruk dengan perkataan tersebut. Sebab, di balik kata itu tersembunyi kekuatan yang dimiliki oleh seorang entrepreneur dari kebanyakan orang.

Banyak contoh yang dapat memberikan gambaran kepada Anda, bahwa tidak ada sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh seoang wirausahawan. Keluarkan semua ide atau gagasan Anda. Anda tidak perlu takut diremehkan atau dihina orang lain.

“Ide gila” yang Anda sampaikan itu boleh jadi suatu waktu akan mengundang kekaguman banyak orang. Orang lain akan gigit jari ketika melihat keberhasilan Anda, dan mungkin saja mereka akan berguman: “Mengapa hal seperti itu dulunya tidak terpikirkan oleh saya ?”

Kalau Anda berani tampil beda. Itu berarti, Anda akan memiliki jiwa entrepreneur. Ada pendapat yang mengatakan, bahwa keberhasilan entrepreneur itu diibaratkan seperti kesabaran dan ketenangan seorang aktor akrobatik dalam meniti tambang tipis hingga sampai ke tujuan, ia bukannya menghabiskan waktu dengan perasaan khawatir, tapi konsentrasinya tertuju pada tujuannya.

Dan, yang lebih penting lagi bagi Anda adalah sebaiknya Anda jangan malu akan kesalahan yang Anda buat. Seorang entrepreneur memang tidak menyukai kesalahan, tapi ia tetap akan menerimanya sepanjang hal itu dapat memberikan pelajaran berharga.

Ia harus mampu meloloskan diri dari situasi-situasi yang hampir tidak mungkin diatasi. Sebab dalam era global sekarang ini, kegiatan usaha yang Anda jalankan hampir 90 persen justru tidak sesuai rencana. Karena itu, Anda harus luwes dengan rencana yang telah Anda buat. Bisa berpindah dari satu rencana ke rencana lainnya. Seorang entrepreneur juga tidak boleh gampang berputus asa. Ia harus yakin dengan kreativitasnya, pasti ada jalan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

“Kalau, anda berani tampil beda, itu berarti Anda memiliki jiwa entrepreneur”.

Demikian info bisnis tentang seorang entrepreneur wajib memiliki jiwa kreatif semoga bermanfaat.

Sumber : Cara Gila Jadi Pengusaha, Purdi E. Chandra

About admin

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *