Thursday , 14 December 2017
Home / Bisnis / Tips Memulai Berbisnis Butik

Tips Memulai Berbisnis Butik

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Tips memulai berbisnis butik – Istilah butik muncul dari kata “boutique” yang artinya gerai untuk menjual berbagai perlengkapan fashion di antaranya baju, sepatu, tas, aksesoris dan lain sebagainya. Perlengkapan yang dijual di suatu butik sebenarnya tidak hanya dikhususkan untuk segmen perempuan. Namun karena penggila belanja di butik kebanyakan perempuan, akhirnya banyak butik yang hanya menyediakan perlengkapan untuk satu segmen saja.

Tips Memulai Berbisnis Butik

Usaha yang berkembang pesat sejak 2005 ini tidak pernah surut pertumbuhannya. Jika sebelumnya butik hanya disegmenkan untuk usia 16 hingga 25 tahun, kini bermunculan pula butik untuk anak kecil dan segmen ibu-ibu.

smart detox

Apa sebenarnya yang membuat butik lebih diminati dari toko baju biasa? Berbeda dengan toko baju yang menjual pakaian dalam jumlah besar dan cenderung tidak mempertimbangkan mode yang sedang in, butik mengedepankan baju-baju sesuai tren dalam jumlah besar terbatas. Untuk butik kelas atas, produk yang dijual adalah merk terkenal. Produk tersebut rata-rata tidak diproduksi massal sehingga pembeli merasa nyaman karena barang yang ia beli tidak pasaran.

Menghadapi persaingan ketat, saat ini banyak butik lokal yang beralih ke fashion impor. Untuk segmen pasar Indonesia, fashion yang menjadi rujukan adalah Korea, Hongkong dan China. Perkembangan fashion di negara tersebut sangat cepat sehingga banyak pengusaha memilih untuk mengimpor baju-baju dari sana.

Selain baju impor, saat ini marak pula butik yang menjual busana muslim, jilbab dam baju-baju kantor. Anda bisa memanfaatkan peluang bisnis ini untuk membuka gerai butik. Meski yang meraih peluang ini cukup banyak, Anda harus memberikan kualitas produk yang bagus dan promosi gencar kepada target pasar. Untuk promosi, Anda bisa memanfaatkan fasilitas online untuk menjaring segmen yang lebih luas.

Tips Sukses Usaha Butik

Bisnis butik tentu mengalami pasang surut. Umumnya, pembeli akan membludak pada hari raya keagamaan seperti lebaran dan Natal. Selebihnya hanya pada Sabtu dan Minggu saja transaksi yang terjadi cukup besar.

Kendati keuntungan yang didapat tidak sesuai dengan perencanaan atau harapan, jangan sampai melampiaskan kekesalan Anda kepada pegawai, terlebih kepada konsumen. Anda harus bisa memprediksikan keadaan terburuk yang bisa dihadapi oleh usaha Anda. Prediksi ini berguna untuk merencanakan tindakan yang bisa Anda lakukan ketika hal yang terburuk tersebut benar-benar terjadi.

Sebagai contoh, apabila Anda membuka gerai butik di suatu tempat dengan sistem kontrak, pastikan Anda mempunyai bukti hitam di atas putih. Untuk menghindari pemilik tempat yang “nakal” menaikkan harga sewa ketika Anda masih terikat kontrak, pastikan hal tersebut juga tercantum dalam perjanjian kontrak.

Untuk meningkatkan pelayanan dan produk yang dijual di butik Anda, perhatikan hal-hal berikut ini:

smart detox
  • Ikuti perkembangan fashion sesuai segmen yang Anda tuju agar produk tidak ditinggalkan konsumen
  • Tentukan segmentasi pasar untuk memudahkan Anda menjual produk fashion. Segmen akan menentukan konsep butik yang harus Anda pilih. Sebagai contoh, untuk perempuan usia 16 hingga 25 tahun, Anda bisa langsung memilih konsep produk yang akan dijual. Konsep yang dipilih bisa berupa fashion funky, elegan, maskulin, dan lain sebagainya. Konsep dalam bisnis butik sangat penting untuk membentuk citra dan sugesti pada konsumen.
  • Hindari menjual produk dengan model sama secara massal. Bahkan ketika suatu produk menjadi incaran banyak calon pembeli, jangan memajang produk tersebut dalam jumlah berlebihan. Misalnya Anda memiliki lima buah bolero berwarna hitam, pastikan hanya satu yang dipajang.
  • Jika kita baru membuka gerai butik, jangan terlalu banyak merekrut karyawan. Lebih baik hemat modal usaha Anda untuk menghadapi krisis yang biasa terjadi di enam bulan pertama dibukanya usaha.
  • Jika Anda memiliki keahlian membuat produk fashion, Anda bisa memproduksi sendiri dan menjualnya di gerai butik And Keahlian yang bisa Anda pelajari adalah membuat kalung, tas, gelang dan bros dari manik-manik atau batu hias. Yang penting, tingkatkan terus kualitas dan model produk butik Anda agar tidak kalah dari pesaing.
  • Lakukan promosi dengan berkesinambungan misal dengan memberikan diskon atau potongan bagi member. Selain itu, perluas jaringan relasi dan calon konsumen butik secara online. Buatlah blog, website bisnis, dan ikut berbagai jejaring sosial.

Demikian info bisnis tentang tips memulai berbisnis butik semoga bermanfaat.

Sumber : Promosi Dahsyat dengan Presentasi Online, Alfa Hartoko

Komunitas SB1M
loading...

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *