Thursday , 14 December 2017
Home / Bisnis / Tips Sukses Memulai Usaha Restoran

Tips Sukses Memulai Usaha Restoran

Seminar SMO dan Privat FB Ads

Tips Sukses memulai Usaha Restoran – Bisnis makanan merupakan salah satu bentuk usaha yang tidak akan mati karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia. Namun, apakah sesimpel itu ketika Anda memutuskan menjalankan bisnis restoran? Tentu tidak! Sebagian besar pengusaha restoran yang beranggapan mengelola bisnis ini lebih mudah dibandingkan bisnis-bisnis lain, ternyata malah gulung tikar. Persaingan di antara banyaknya usaha restoran begitu ketat. Meskipun makanan merupakan kebutuhan sehari-hari namun pengusaha restoran tidak bisa mengesampingkan kualitas, ciri khas dan pelayanan.

Tips Sukses Memulai Usaha Restoran

Bisnis ini bisa dibilang berisiko tinggi karena produk yang dijual lebih cepat kadaluarsa dibandingkan makanan kering. Oleh karenanya diperlukan kecermatan untuk terus mengamati keinginan pasar dan kebutuhan mereka. Sebagai contoh, jika target konsumen Anda sedang menggemari masakan yang berbau india, Anda bisa menambahkan menu spesial bergaya India di restoran Anda. Lain lagi jika target konsumen adalah keluarga yang biasanya juga membawa anak-anak kecil, Anda bisa melengkapi restoran dengan aneka permainan.

Untuk terjun ke usaha ini Anda tidak harus memiliki kemampuan memasak yang handal. Anda bisa merekrut koki terbaik untuk restoran Anda. Namun pebisnis restoran harus memiliki kemampuan untuk mengelola, mengikuti perkembangan pasar, dan memanajemen keuangan restoran dengan baik.

Tidak jarang, untuk menarik pelanggan di kalangan anak muda, bisnis restoran digabungkan dengan konsep kafe. Bisnis kafe menyajikan makanan dan minuman dengan menu spesial kopi. Sedikit berbeda dengan bisnis restoran yang menyajikan banyak menu berat, kafe cenderung menawarkan banyak makanan ringan sebagai pelengkap minuman kopi seperti cake, roti dan lain sebagainya. Selain itu, suasana kafe juga lebih santai dan biasanya diiringi musik-musik khas anak muda. Kombinasi hidangan dan suasana antara restoran dan kafe inilah yang saat ini banyak dibidik oleh pebisnis di bidang makanan untuk menggaet pelanggan lebih banyak.

Selain inovasi pengembangan konsep restoran yang disesuaikan dengan pasar, Anda juga melakukan promosi. Memuat iklan atau menempelkan pamflet tentang restoran Anda, tentu sudah menjadi hal yang biasa dilakukan.

Untuk menarik calon pelanggan, Anda bisa melakukan promosi secara online. Posting keunggulan restoran, lengkap dengan deskripsi dan menu-menu yang ditawarkan di dalam blog atau website. Selain itu tautkan link tersebut di website rekan bisnis Anda atau bekerjasama dengan tour and travel dan lain sebagainya.

Tips Sukses Usaha Restoran
Untuk menjadi pengusaha restoran yang sukses, modal yang besar saja tidak cukup. Coba perhatikam poin-poin penting berikut ini:

smart detox
  • Perhatikan perkembangan pasar untuk mengetahui makanan yang sedang tren dan hal-hal yang menarik konsumen ketika mendatangi suatu restoran. Anda bisa melakukan survey ke beberapa teman Anda dan terapkan di restoran Anda
  • Belajarlah dari pengalaman-pengalaman pengusaha yang telah lebih dulu menekuni bisnis restoran untuk meminimalkan kesalahan yang mungkin saja Anda lakukan.
  • Perluasan wawasan Anda tentang macam-macam menu makanan, cara penyajian, dan dekorasi restoran. Lakukan inovasi menu sehingga pelanggan bisa mendapati menu baru yang spesial dari restoran Anda
  • Pada hari-hari tertentu, berikan potongan harga atau menu khusus untuk pengunjung Anda. Ini berguna untuk menarik pengunjung lebih banyak dan memperkenalkan menu yang ada di restoran Anda pada pengunjung baru.
  • Apabila Anda menggunakan modal pinjaman, pastikan Anda telah mempelajari dan mengetahui setiap detil dari isi perjanjian dan dampaknya pada usaha yang dijalankan
  • Promosikan restoran Anda dengan menyebarkan brosur, iklan di media cetak dan elektronik, dan mensponsori event-event. Sedangkan promosi online bisa dilakukan dengan melakukan pemostingan usaha restoran Anda di blog atau website serta jejaring sosial. Gunakan jalur promosi yang bisa ditautkan dengan mudah ke beragam media online, yaitu presentasi

Demikian info bisnis tentang tips sukses memulai usaha restoran semoga bermanfaat.

smart detox

Sumber : Promosi Dahsyat dengan Presentasi Online, Alfa Hartoko

Komunitas SB1M
loading...

Check Also

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan

Mendirikan Badan Usaha Lain dan Wajib Daftar Perusahaan – Setelah di postingan sebelumnya telah dibahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *