Home / Pilar Bisnis / Marketing / Beberapa Macam Media Promosi untuk Marketing

Beberapa Macam Media Promosi untuk Marketing

Kali ini kami akan bahas terkait dengan beberapa macam media promosi untuk marketing. Media promosi adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan mengenai produk yang ditawarkan kepada khalayak umum (masyarakat). Dalam artikel ini akan membahas 4 media promosi yang bisa Anda lakukan dalam melakukan marketik.

Beberapa Macam Media Promosi untuk Marketing

Beberapa Macam Media Promosi untuk Marketing

Berikut ini penjelasan beberapa macam media promosi untuk marketing tersebut.

Media Cetak

Promosi melalui media cetak adalah cara promosi yang paling banyak digunakan. Promosi jenis ini sangat mudah dijangkau oleh masyarakat kalangan atas hingga bawah. Biaya untuk promosi menggunakan media cetak ini cukup terjangkau dan dapat menghemat biaya. Berikut beberapa macam media promosi untuk marketing dengan media cetak yaitu :

Poster

Media promosi cetak ini merupakan sarana komunikasi pemasaran yang paling umum dan sering dijumpai di banyak tempat, terutama di tempat-tempat umum dan strategis. Ukuran poster yang relatif besar berpotensi untuk menarik perhatian pembaca dan mengarahkan mereka pada pesan merek. Poster harus didesain semenarik mungkin agar menarik perhatian orang karena media ini biasanya dibaca sambil lalu.

Berkembangnya mesin percetakan yang semakin maju dan canggih semakin memudahkan orang dalam mencetak materi promosi dalam ukuran besar. Banner umumnya dicetak dalam ukuran besar dan ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Bentuk banner dan teknik pemasangannya bervariasi.

Banner yang dipasang pada rangka berbentuk seperti huruf X mudah dipindahkan dan dikenal dengan X-banner. Ukurannya pun bermacam-macam, ada pula yang berukuran kecil dan biasa ditempatkan di meja, disebut dengan mini X-banner.

Brosur (pamflet)

Brosur berupa lembaran yang bisa dibaca lebih lama dibandingkan dengan poster. Brosur umumnya dicetak dalam jumlah yang relatif banyak, dicetak dengan kualitas yang bagus, dan diterbitkan secara tidak berkala pada kesempatan tertentu, misalnya pada event pameran. Brosur yang berupa lembaran satu muka atau bolak balik dan mempunyai lipatan disebut dengan leaflet.

Flyer

Media yang satu ini sangatlah praktis dan cocok untuk menampilkan informasi yang singkat namun padat. Ia berupa selebaran yang biasanya dibagikan kepada khalayak dan berupa informasi tentang program promosi seperti diskon atau kegiatan tertentu. Flyer yang merupakan satu lembar kertas tanpa lipatan seringkali dicetak dalam jumlah yang banyak agar mudah menjangkau banyak orang.

Kalender

Kita dapat menggunakan kalender sebagai media promosi cetak yang cukup ampuh. Orang cenderung suka menyimpan kalender sebagai alat penunjuk tanggal dan hari serta bulan sehingga media ini dapat menampilkan pesan-pesan merek yang mempunyai umur panjang. Jumlah lembaran kalender bervariasi. Ada kalender yang hanya berupa satu lembar mirip poster dan ada pula yang berupa banyak lembaran.

Katalog

Katalog dapat menjadi alternatif pilihan media promosi cetak yang mampu menampilkan banyak informasi. Media ini sangat cocok untuk produk yang mempunyai banyak spesifikasi dan detail sehingga pembaca dapat mendapatkan informasi yang lengkap tentang produk yang ditawarkan. Dengan katalog, pembaca umumnya membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk memutuskan produk yang akan dibelinya.

Kartu Nama

Walau teknologi canggih seperti ponsel pintar dapat menyimpan berbagai informasi dengan mudah, namun kartu nama masih tetap diperlukan. Ibaratnya, kartu nama adalah duta bisnis yang mencerminkan dan mewakili perusahaan sobat. Informasi yang harus ada dalam kartu nama yaitu nama perusahaan dan kontak yang bisa dihubungi.

T-shirt

Kaos atau T-shirt merupakan media promosi cetak yang populer dan sangat mudah diterima oleh khalayak. Umumnya, orang secara suka rela memakai kaos promosi karena sifatnya yang nyaman dipakai dan dapat dipakai dalam banyak kesempatan, terutama dalam situasi yang tidak formal. Nah, dengan menampilkan logo merek pada kaos, maka secara langsung ataupun tidak, kita telah mempromosikan merek pada banyak orang.

Media Elektronik

Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Promosi menggunakan media elektronik ini membutuhkan budget yang tidak sedikit. Berikut beberapa macam media promosi untuk marketing via media elektronik :

Radio

Media ini adalah media interaksi yang pertama di ciptakan dan penciptanya adalah Amstrong pada tanggal 18 Desember 1890 di New York City, Radio di ciptakan hanya menciptakan suara saja, berbeda dengan televisi yang memberikan hasil gambar dan suara.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa iklan bisa kita muat di berbagai media termasuk radio. jasa iklan di radio mengeluarkan biaya cukup murah dari iklan televisi akan tetapi sehubungan dengan perkembangan zaman penggemar iklan radio sudah mengurang, dikarenakan sudah kurang praktis dan kalah dengan media yang lain.

Televisi

Media ini adalah media kedua yang bisa menampung iklan dalam jumlah yang sangat banyak, televisi bisa menampung iklan cukup besar dengan syarat harga iklan lumayan mahal, mahalnya iklan televisi dikarenakan iklan televisi mengeluarkan cukup banyak waktu untuk pembuatannya pengiklanannya juga harus bergantian dengan iklan-iklan yang lain, maka dari itu iklan televisi maksimal berdurasi 1 menit.

Media Internet (Online)

Media online bisa dilihat di sini (Komunitas Digital Marketing).

Media Produk

Promosi yang dilakukan melalui sebuah produk seperti tas, kaos, topi, dll. Nah, biasanya ketika kita mengikuti seminar, kita akan mendapatkan sebuah tas dengan logo sebuah perusahaan. Itu selain sebagai souvenir juga dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Biasanya tas-tas semacam ini bisa dipesan di pabrik tas, sehingga dapat memesan sesuai selera.

Setiap media mempunyai beberapa fungsi, tapi pada dasarnya mengikuti dua pendekatan ini:

  • one-step approach, yaitu media digunakan secara langsung untuk memenuhi tujuan
  • two-step approach, yaitu menggunakan beberapa macam medium untuk mencapai tujuan.

Demikian info tentang beberapa macam media promosi untuk marketing semoga bermanfaat.

Referensi: Manajemen Marketing bagi Pebisnis

Check Also

Saluran Distribusi dan beberapa fungsinya

Saluran Distribusi dan Beberapa Fungsinya

Kali ini kami akan ulas tentang . Saluran distribusi yaitu memindahkan barang dari produsen kepada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.