Home / Motivasi Bisnis / Seorang Entrepreneur Harus Berani Merantau

Seorang Entrepreneur Harus Berani Merantau

Di artikel ini kami akan jelaskan berkaitan dengan seorang entrepreneur harus berani merantau. Banyak entrepreneur yang sukses karena ia merantau. Orang Tegal sukses dengan wartegnya di Jakarta. Begitu juga orang Wonogiri sukses menekuni usaha sebagai penjual bakso. Orang Wonosari sukses sebagai penjual bakmi dan minuman. Sementara orang Padang, sukses dengan bisnis masakan Padangnya. Mereka sukses berbisnis seperti itu karena mereka berani untuk merantau ke daerah atau tempat lain.

Seorang Entrepreneur Harus Berani Merantau

Seorang Entrepreneur Harus Berani Merantau

Bahkan, orang Cina pun banyak yang sukses ketika dia merantau keluar negeri. Dan, tidak sedikit pula, orang Jawa yang sukses sebagai transmigran di Sumatera. Juga banyak orang dari luar Jawa yang sukses bisnisnya ketika merantau di Yogyakarta. Tapi banyak juga orang Yogya yang sukses menjadi pengusaha atau merintis kariernya, ketika merantau di Jakarta. Hal itu wajar terjadi, karena orang-orang tersebut memang punya keberanian untuk merantau.

Sebenarnya, apa yang diungkapkan di atas hanyalah sekedar contoh, bahwa orang bisa sukses sebagai entrepreneur, kalau orang tersebut memiliki keberanian untuk merantau.

Mengapa demikian?

Seorang entrepreneur harus berani merantau ke luar daerah asal. Oleh karena itu keberanian merantau itu perlu Anda miliki, karena dengan merantau berarti Anda berani meninggalkan lingkungan keluarga. Ketika And berada di lingkungan keluarga, meskipun Anda sudah tumbuh besar atau dewasa, namun tetap dianggap sebagai anak kecil. Sehingga, hal itu akan membuat Anda tergantung dan tidak mandiri.

Akibat dari itu sangat jelas, Anda mudah patah semangat atau pun putus asa. Anda menjadi entrepreneur yang tidak berani menghadapi tantangan atau risiko bisnis. Anda pun akan mudah tergantung pada orang lain.

Tapi beda halnya kalau Anda berani merantau. Hal tersebut berarti Anda siap menjadi “manusia baru”. Anda harus siap menghadapi lingkungan baru, yang barangkali tidak sedikit tantangan yang harus dihadapi. Anda sebagai seorang entrepreneur harus berani merantau.

Dan, jika saat dulu Anda belum tahu apa sebenarnya kelemahan Anda, maka dengan merantau hal tersebut bisa diketahui. Sedikit demi sedikit kelemahan tersebut akan Anda perbaiki di tanah perantauan. Itulah sebabnya mengapa keberanian merantau membuat Anda punya jiwa kemandirian dan akan membuat Anda lebih percaya diri dalam setiap langkah dalam bisnis maupun karier.

Merantau Bikin Tahan Banting

Jadi singkatnya seorang entrepreneur harus berani merantau. Karena merantau akan membuat entrepreneur berjiwa “tahan banting”. Katakanlah, kalau usaha Anda ternyata jatuh dan gagal, Anda tidak terlalu malu, karena itu terjadi di kota lain. Dengan kata lain, berusaha di kota lain akan mengurangi beban berat, bila dibandingkan dengan merintis bisnis di kota Anda sendiri.

Selain itu, keberanian merantau ke daerah lain, akan membuat Anda dapat menyelesaikan persoalan sendiri. Bahkan, Anda akan merasa tabu terhadap bantuan orang lain. Anda ada rasa untuk tidak mau punya hutang budi pada orang lain. Oleh karena itulah, sesungguhnya kemandirian itu adalah semangat paling dasar dari Anda untuk bisa meraih kesuksesan. Dan, alangkah baiknya jika sikap mandiri semacam itu bisa Anda bentuk sejak Anda masih sekolah.

Maka, jika Anda ingin menjadi entrepreneur yang mampu meraih sukses dan “tahan banting”, salah satu kuncinya adalah kemandirian itu sendiri. Dan, kemandirian akan muncul jika Anda berani merantau. Buktikan saja sendiri!

“Anda itu memang harus, punya keberanian merantau. Karena, dengan keberanian merantau, Anda akan lebih bisa percaya diri dan mandiri”.

Sekian info seputar seorang entrepreneur harus berani merantau, semoga postingan kali ini mencerahkan kalian. Tolong postingan ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi :

Check Also

Berani Menyumbang Berarti Berani Berinvestasi

Berani Menyumbang Berarti Berani Berinvestasi

Di postingan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan . Sebenarnya keberanian Anda memberikan sumbangan pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.